TUTORIAL MIKROTIK DALAM EMULATOR GNS3

Kali ini ane mau ngepost mengenai “Tutorial Setting Mikrotik dalam GNS3”. Tutorial ini ane dapat dari teman kerja yang berawal dari ngobrol ngalar ngidur ya seperti nyangkut di kerja, sosial, ama cinta (ciiieeeee) bersama teman-teman kantor (ya seperti biasa curhat terlebih dahulu mengenai awalnya dapat ilham untuk membuat post ini, heuheuehu). Jadi pas ngobrol itu, ane ngobrol gini gan “aduh, ane pendalaman mikrotik kurang ni, ga sama kayak cisco, bisa di tracer ama GNS3”, dan tiba-tiba teman ane lngsung nyaut “Mikrotik bisa kok diimplementasikan di GNS3”.Wekz ane baru tau ternyata bisa, trus ane tanya lagi “itu bisa make winbox ga di GNS 3 nya?” dan dia bilang “bisa”. Langsung lah seribu cara penjilatan ane lakukan demi bisa mendapatkan tutorial ini (heuehueheu). Tapi tenang buat agan/aganwati pembaca semua, agan/aganwati ga perlu menjilat ane, tapi cukup donasi ke rek ane (hehehehe, canda-canda om/mba, free kok dari ane ini tutorialnya).

Untuk tidak memperpanjang tulisan, berikut ane tampilkan picturenya


Cover 1. Mikrotik dalam emulator GNS3

Dan berikut tutoril untuk implementasi mikrotik dalam GNS 3:

TAHAP 1

1.     Sebelumnya, pastikan kalian semua sudah mempunyai GNS3, Virtual Box dan ISO Mikrotik, bagi yang belum punya jangan khwatir, itu semua bisa didownload di link bawah ini


2.     Setelah semuanya didwonload, mari kita buka aplikasi Virtual Boxnya terlebih dahulu.
Setelah virtual box nya dibuka, maka:
·        Klik menu new (pojok kiri atas) untuk membuat virtual machine Mikrotik, maka akan muncul pop up window baru pada layar komputer kita.


Gambar 1. Instalasi New Software Mikrotik

·        Di pop up window tersebut silahkan diisi nama operating system yang diinginkan, dan pilih type = linux dan version = other linux. (next)


Gambar 2. Set Nama dan Operating System

·        Kemudian set berapa memory yang diinginkan untuk Mikrotik yang akan akan dibuat. (next)3


Gambar 3. Set Memory Size

·        Setelah memory, set kembali untuk hard drive, sebelumnya pilih terlebih dahulu opsi yaitu create a virtual hard drive now. (next)


Gambar 4. Set Hard Drive

·        Sekarang pilih type untuk hard drive yang akan dipake yaitu Virtual Machine Disk. (next)


Gambar 5. Set Tipe Hard Drive File

·        Dan untuk storage pada physical hard drive, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing user sesuai dengan keterangan per opsi sudah dipaparkan diatasnya. (next)


Gambar 6. Set Storage

·        Kemudian pilih size dari storage yang diinginkan (next)


Gambar 7. Set File Location dan Size

Dan saat ini operating system mikrotik yang dibuat telah selesai.

3.     Setelah muncul operating system yang dibuat di virtual box, maka beberapa langkah yang selanjutnya dilakukan yaitu:

·        Pilih operating system yang baru dibuat, kemudian pilih submenu setting.
·        Setelah masuk ke submenu setting, maka setting storage mikrotiknya yaitu dengan milih iso yang sudah kita download sebelumnya pada cd/drive.


Gambar 8. Set ISO Mikrotik 5.20

4.     Setelah start pada operating system mikrotik yang dibuat, maka akan muncul pop up window baru yaitu seperti ini.


Gambar 9. Set Mikrotik Router Software Installation

Kemudian ketik “a” (select all) pada Mikrotik Router Software Installation .
Setelah itu ketik “i” untuk memulai instalasi software.

5.     Setelah proses instalasi selesai dilakukan, silahkan untuk direboot sesuai dengan instruksi selanjutnya.


Gambar 10. Proses Instalasi Mikrotik Router Software

6.     Dan akhirnya selesai juga instalasi software mikrotik di PC. Eiittssss, ini masih ada lanjutannya kalau untuk diimplementasikan di GNS3.


 Gambar 11. Tampilan Virtual Machine Mikrotik

TAHAP 2

Setelah operating system Mikrotik yang dibuat selesai, sekarang saatnya untuk implementasi Mikrotik tersebut ke GNS3. Berikut langkah-langkah dalam implementasikannya:

1.     Setelah software mikrotik sudah bisa diakses via virtualbox (belum GNS3), maka selanjutnya pemberian ip pada mikrotik tersebut. Command untuk memberi ip dalam mikrotik (bukan dalam winbox, pusing dah T.T).


Gambar 12. Set IP Address

Ip address add address=(IP yang akan diberikan + subnet) interface=(interface tempat ip ditanam)

2.     Berhubung ip sudah ditanam dalam mikrotik, maka selanjutnya pembuatan interfaceVirtualBox Host-Only Ethernet Adapter. Jadi ini sama sebagai port eth pada laptop untuk akses WAN internet, berhubung di laptop 1, maka dibuatlah port virtual untuk mikrotik ini. Untuk format add, remove dan edit ada di sebelah kiri column VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter.


Gambar 13. Set Virtual Ethernet Adapter

3.     Kemudian pilih di menu setting pada softwre mikrotik yang dibuat, pilih network, maka akan tampil attach adapter pada gambar dibawah ini.


Gambar 14. Set Virtual Ethernet Adapter di Mikrotik

4.     Setelah itu masuk ke Change adapter setting dan kemudian masukkan ip pada adapter network mikrotik yang baru dibuat.


Gambar 15. Set IP di Virtual Ethernet Adapter

5.     Setting mikrotik di virtualbox sudah selesai, sekarang saatnya masuk ke GNS3 dan pilih menu tools kemudian masuk ke submenu Vboxwrapper.


Gambar 16. Pengaktifan VBoxwarpper

6.     Setelah vboxwrapper diaktifkan, selanjutnya masuk ke menu edit pilih submenupreferences. Di dalam submenu preferences pilih virtual box, dan pada submenugeneral setting, terlebih dahulu lakukan test setting  untuk test apakah vboxwrapper dan virtualbox api kita sudah bisa dijalankan. Setelah test setting dilakukan, masuk ke submenu Virtualbox Guest, dan pada submenu ini silahkan kita set berapa banyak port dari mikrotik yang dibuat (include 1 port yang sudah terpakai untuk set adapter setting + ip address di mikrotik).


Gambar 17. Test Setting VBoxwrapper dan Virtual Box API


Gambar 18. Set Jumlah Port Interface Eth Mikrotik

7.       Ok setelah semua yang diatas telah selesai, maka sekarang saatnya pengetesan mikrotik yang dibuat ke dalam GNS3. Untuk icon mikrotik dalam GNS3 berada di end device dengan nama virtual box guest (dengan nama software mikrotik yang saat ini dibuat).


Gambar 19. Implementasi Mikrotik ke GNS3

8.       Alhamdulillah, mikrotik yang dibuat sudah bisa diimplementasikan di GNS3.



Tambahan, seandainya para pembaca kurang sreeggg dengan adanya waktu trial saudara-saudara melihat kembali ke dalam cracked mikrotik 5.20 yang di mana di dalam sana sudah terdapat key license untuk menghapus waktu trial dari iso mikrotik ini. Caranya dengan membuka software mikrotik yang kita buat dengan winbox, kemudian masuk ke menu system lanjut ke submenu license, nah pada submenu ini baru kita masukkan key untuk menghilangkan waktu trial.


Gambar 20. Import Key 5.20 License Mikrotik


Gambar 21. Tampilan Virtual Mikrotik Tanpa Waktu Trial


Sumber : Andrian BLog
TUTORIAL MIKROTIK DALAM EMULATOR GNS3 TUTORIAL MIKROTIK DALAM EMULATOR GNS3 Reviewed by Arul March on 10:43 Rating: 5
Theme images by rajareddychadive. Powered by Blogger.